IMG_20240623_041318_090

Qurban Dapur Berkah di Balikpapan: BMH Berdayakan Mitra Binaan, Beri Dampak Nyata bagi Masyarakat

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar acara Qurban Dapur Berkah yang melibatkan 150 warga, termasuk peternak lokal, tokoh agama, mitra, donatur, dan petani binaan . Acara berlangsung di Jl. Gunung Bubukan, Kecamatan Teritip, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur (17/6/24).

BMH menyediakan 2 ekor kambing qurban dari donatur, yang didistribusikan pada 16 Juni dan dipotong pada 17 Juni. Selain itu, BMH juga menyiapkan kebutuhan memasak seperti beras, bumbu, arang, dan lain-lain.

Masyarakat berpartisipasi dalam seluruh proses, mulai dari penyembelihan hewan qurban, pengolahan dan pengemasan daging, hingga kegiatan dapur umum bersama ibu-ibu yang menyediakan makanan siap saji bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, Qurban Dapur Berkah 1445 H ini menjadi salah satu langkah terbaik kami dalam memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Semoga program serupa dapat terus berlanjut,” ungkap Achmad Rifai selaku Kadiv Program dan Pendayagunaan BMH Kaltim.

Rifai menambahkan bahwa keterlibatan komunitas lokal, seperti petani binaan, dalam kegiatan ini meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong.

“Saya sangat mengapresiasi Qurban Dapur Berkah 1445 H. Acara ini tidak hanya memenuhi syariat qurban, tetapi juga meningkatkan kepedulian sosial di masyarakat,” ujar Bapak Sumardi, Imam Masjid setempat.

Bapak Dion, Ketua Komunitas Petani, mewakili relawan, juga memberikan testimoni.

“Terlibat langsung dalam proses distribusi dan pengolahan daging qurban membuat saya terharu. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan semakin banyak orang yang terbantu,” tuturnya.

Qurban Dapur Berkah BMH tidak hanya sukses berbagi kebahagiaan Idul Adha, tetapi juga memberdayakan masyarakat dan memperkuat solidaritas sosial.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.