IMG_20230901_052547_602.jpg

Laznas BMH Hadirkan Akses Air Bersih di Kepulauan Riau

Upaya signifikan dilakukan oleh Laznas BMH Kepri dalam mengembangkan akses air bersih untuk masyarakat kepulauan, terutama di lokasi-lokasi yang selama ini kesulitan mendapatkannya.

Pada tanggal 31 September 2023, Laznas BMH berhasil membangun sumur bor serta menyediakan fasilitas air bersih di Pondok Tahfidz Al Askar Jazirah Melayu Tanjung Gundap.

Kepala Laznas BMH Perwakilan Kepulauan Riau, Abdul Aziz, mengungkapkan kegembiraannya atas realisasi inisiatif tersebut.

“Sebelum adanya fasilitas ini, santri dan masyarakat sekitar mengandalkan beberapa titik sumur galian. Sayangnya, air dari sumur-sumur tersebut kerap berubah warna menjadi kecoklatan saat musim hujan, meskipun demikian, masyarakat masih menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari dan kebutuhan ibadah. Inilah alasan mengapa Laznas BMH hadirkan akses air bersih di lokasi ini,” terang Abdul Aziz.

Dengan adanya sumur bor baru, rasa syukur dan kebahagiaan terlihat jelas di wajah para santri dan masyarakat.

Arya, salah seorang warga setempat, menyatakan kini ia tidak perlu lagi kesulitan mencari sumber air bersih, terutama saat air galon di rumahnya habis.

Ustadz Suryadi, salah satu pengurus pesantren, mengungkapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah kami sangat berterima kasih kepada BMH, para donatur, dan muzaki yang telah mendukung kami. Semoga amal jariyah ini memberikan berkah yang tak putus-putusnya,” tuturnya.

Laznas BMH Kepri yang berinisiatif memberikan akses air bersih bagi masyarakat kepulauan menunjukkan komitmen nyata dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Salah satu tujuan SDGs yaitu “Pencapaian akses air minum dan sanitasi yang layak untuk semua” (Tujuan 6). Jadi secara langsung perjuangan umat melalui Laznas BMH ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat, tetapi juga mendorong upaya global dalam memastikan bahwa setiap individu memiliki hak yang sama terhadap sumber daya dasar seperti air bersih.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Home

News

Program

Layanan

Info