IMG_20240709_062557_033

BMH Kaltara Perkuat Komitmen Profesionalisme dengan Audit Mutu Internal ISO 9001:2015

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Kalimantan Utara (Kaltara) terus menunjukkan komitmennya dalam mengelola Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) secara profesional dan berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan Audit Mutu Internal ISO 9001:2015 yang dilakukan secara berkala.

“Pelaksanaan audit ini merupakan bagian dari upaya BMH untuk menjaga profesionalisme dan kualitas kerja sesuai dengan peraturan, regulasi, dan standarisasi manajemen modern yang berlaku,” terang Kepala BMH Perwakilan Kaltara, Fathur Rahmansyah, pada tanggal 8 Juli 2024.

Lebih lanjut, Fathur menjelaskan bahwa audit ini bertujuan untuk memastikan bahwa sistem manajemen yang diterapkan BMH Kaltara sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Audit ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu per semester,” imbuhnya.

Kegiatan audit ini merupakan langkah penting bagi BMH Kaltara untuk memastikan bahwa amanah yang dipercayakan oleh para donatur dikelola dengan baik dan bertanggung jawab.

“Audit ini membantu BMH Kaltara dalam memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan,” jelasnya.

“BMH Kaltara berkomitmen untuk mematuhi seluruh peraturan dan kebijakan yang berlaku terkait pengelolaan ZIS. Audit ini membantu memastikan bahwa semua proses dan prosedur yang dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada,” imbuhnya.

Selain itu audit juga dapat membantu manajemen dalma mengidentifikasi risiko, mitigasi, dan perbaikan manajemen secara berkelanjutan.

Diterapkannya Audit Mutu Internal ISO 9001:2015 menunjukkan keseriusan lembaga ini dalam mengelola amanah para donatur dengan profesional dan transparan. Hal ini patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi lembaga-lembaga lainnya yang bergerak di bidang ZIS.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.