Mengenal Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Apa Keutamaannya?

Mengenal Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Apa Keutamaannya?

Istilah sedekah subuh belakangan cukup populer, terlebih lagi ada banyak konten di media sosial terkait keutamaan dari sedekah subuh. Dalam ajaran islam sedekah adalah ibadah yang sangat istimewa dan sangat dianjurkan. Lantas, apa yang dimaksud sedekah subuh itu sendiri?

Sedekah subuh adalah sedekah yang biasa dilakukan pada waktu subuh, tepatnya setelah subuh atau sebelum matahari muncul. Waktu subuh memang memiliki banyak keutamaan, mulai dari pahala ibadah yang setara dengan dunia dan seisinya hingga keutamaan lain seperti sedekah.

Apa Niat Sedekah Subuh?

Sebelum mengamalkan sedekah subuh, setiap orang pastinya dianjurkan untuk berniat terlebih dahulu. Niat tersebut bisa hanya sekedar menyengaja melakukannya amalanya, ataupun lebih bagus lagi jika dilisankan. Adapun redaksi niat sedekah subuh yang bisa Anda lisankan adalah:

“Nawaitu taqorruban ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu’ alaihi wa sallam wa idkholas muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.”

Jenis Amalan Sedekah Subuh

Setelah Anda melisankan niat sedekah subuh di atas, selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa jenis amalan sedekah subuh. Nah, di bawah ini kami berikan ulasannya, Anda bisa memilih dan menyesuaikan jenis amalan yang cocok untuk Anda. Yuk, disimak!

1. Kotak Amal Masjid (Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh)

Mengenal Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Apa Keutamaannya?
Bersedekah subuh di kotak amal. Sumber : Istockphoto.com

Jenis amalan sedekah subuh pertama yang bisa Anda coba, apabila memungkinkan adalah memasukkan uang ke kotak amal masjid terdekat. Hal ini bisa Anda lakukan berbarengan dengan berangkat ke masjid untuk sholat subuh berjamaah.

Pastikan saat berangkat ke masjid, Anda telah menyiapkan sejumlah uang ya. Untuk jumlahnya tidak ada standar pasti, yang penting sejumlah uang tersebut dikeluarkan atas dasar keikhlasan dalam hati.

2. Sedekah Secara Online (Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh)

Sekarang ini, beramal dan bersedekah tidak lagi dibatasi oleh mode offline. Sebaliknya, Anda bisa melakukannya secara online. Jadi, untuk Anda yang tidak memungkinkan melakukan sedekah secara langsung ke kotak amal masjid, Anda bisa memberikan sedekah secara online di rumah.

Berdasarkan urutan sedekah, mulai dari keluarga, orang terdekat, tetangga hingga anak yatim dan seterusnya, maka Anda bisa bersedekah subuh kepada orang tua, saudara dan keluarga lainnya yang sedang membutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa menyalurkannya pada lembaga penghimpun sedekah seperti Baitul Maal Hidayatullah.

3. Membagi Makanan Saat Subuh (Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh)

Sedekah itu tidak melulu berkaitan dengan uang. Namun juga bisa dengan hal lainnya. Dan salah satu contoh sedekah subuh selain uang adalah membagikan makanan saat subuh. Waktu subuh biasanya orang sudah memulai aktivitasnya, di waktu ini juga perut merasakan lapar.

Nah, dengan membagikan makanan ke tetangga, masjid dan jalanan Anda telah mengawali hari dengan kebahagiaan dan membahagiakan orang lain.

4. Memberikan Bantuan Lainnya (Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh)

Sedekah subuh juga bisa berupa bantuan lainnya. Cara melakukan sedekah subuh di rumah ini bisa diawali dengan merencanakan dan menyiapkan jenis bantuan yang akan diberikan. Berikut targetnya siapa. Misalnya, korban bencana alam, maka bantuan yang bisa disiapkan antara lain seperti logistik, buku pelajaran. Pakaian dan lain-lain.

Keutamaan Sedekah Subuh

Mengenal Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Apa Keutamaannya?
Ilustrasi keutamaan sedekah subuh. Sumber : Pinterest.com

Ada beberapa amalan yang hampir serupa dalam islam, yakni infak, zakat dan shodaqoh. Ketiganya adalah amalan sholeh yang memiliki keutamaan tersendiri.

Pada segmen ini kami akan fokus pada keutamaan sedekah subuh, jadi untuk perbedaan infak zakat dan shodaqoh bisa dipelajari sendiri. Ini dia keutamaan-keutamaan sedekah subuh tersebut:

1. Dapat Menolak Bala

Keutamaan pertama sedekah subuh adalah bisa menolak bala. Selain diyakini bisa menolak bala sedekah subuh juga sering dianjurkan kepada mereka yang sedang sakit. Dengan amal sholeh tersebut kita berwasilah untuk mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT. Sedekah dalam beberapa hadits disebutkan bisa menunda azab Allah dan bisa memperpanjang umur.

2. Didoakan oleh Malaikat

Keutamaan selanjutnya adalah malaikat mendoakan setiap orang yang melakukan sedekah subuh. Ada dua malaikat. Salah satu malaikat berdoa, agar Allah SWT mengganti sedekah tersebut dengan yang terbaik, bisa berupa materi dan bisa berupa surga di akhirat kelak.

Dan satu malaikat lainnya memanjatkan doa agar Allah SWT membalas setiap orang yang menahan harta sedekah. Jadi, barang siapa yang mengerjakan amal ini maka dia akan didoakan oleh para malaikat agar rezekinya selalu lancar dan selalu berkah. Nabi bersabda yang artinya:

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa. ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” [HR. Bukhari dan Muslim]

3. Doa Mudah Dikabulkan

Mengenal Apa yang Dimaksud Sedekah Subuh dan Apa Keutamaannya?
Sedekah subuh melancarkan doa. Sumber : Pinterest.com

Keutamaan lain dari sedekah subuh adalah dikabulkannya doa oleh Allah SWT. Alasannya adalah waktu subuh sebagai waktu yang terbaik. Sehingga setiap permintaan dan doa yang dipanjatkan akan mudah terkabulkan, terlebih lagi jika doa tersebut dari orang yang beramal di waktu subuh.

4. Bisa Menghapus Dosa

Sedekah subuh juga bisa menghapuskan dosa dan memberikan ketenangan hati tersendiri bagi setiap orang yang melakukannya. Bagaikan air yang mampu memadamkan api yang membara, begitulah perumpamaan sedekah subuh menjadi wasilah penghapus dosa manusia.  Hal tersebut senada dengan hadits yang artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. [HR. Tirmidzi]

5. Harta dan Kekayaan yang Berkah

Kita tidak perlu takut akan berkurang harta karena bersedekah di waktu subuh. Sebab, dengan memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan pada waktu subuh, maka bisa membuat harta pelakunya semakin berkah. Berkah di sini memang tidak melulu banyak, namun harta bisa mendatangkan kebaikan.

Sedekah juga bisa menjadi salah satu bentuk investasi kita. Memang investasi satu ini berbeda dengan investasi pada umumnya. Sebab, rekan investasi saat bersedekah adalah Allah SWT. Dan sudah pasti ketika kita bertransaksi dan berinvestasi dengan Allah mendatangkan keuntungan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan sedekah dengan ikhlas dan tulus agar amalan sedekah ini bisa diterima dengan baik. Hindari sedekah hanya untuk mendapatkan pujian  atau ingin dilihat oleh orang lain. Selain tidak bernilai apa-apa, malah hal tersebut menjadi penyakit hati bagi pelakunya.

6. Dekat dengan Pintu Surga

Ketika kita melakukan sedekah subuh, maka niscaya kita akan didekatkan dengan pintu menuju surga. Selain itu dengan sedekah, kita juga bisa dihindarkan dari api neraka. Begitu rupa keutamaan yang Allah SWT janjikan pada pelaku sedekah subuh. Tentu saja, setiap kita ingin mendapatkan keutamaan ini.

Bahkan, di surga kelak kita akan dipanggil dan masuk ke surga dari pintu yang beragam. Salah satu pintu surga adalah pintu sedekah. Jadi, dengan rutin bersedekah subuh, baik secara tunai maupun donasi atau bayar zakat online, semoga bisa menjadi alasan kita dimasukkan ke surga melalui pintu sedekah.

Lebih dari keutamaan itu semua, di dalam harta yang kita miliki itu ada hal orang miskin. Nah dengan sedekah ini kita memberikan hak mereka dan setidaknya bisa membantu meringankan kemiskinan di tanah air.  Apalagi sekarang ini, data kemiskinan di Indonesia dari berbagai provinsi yang ada semakin melonjak. Yuk ikut berkontribusi untuk meringankan beban saudara-saudara kita!

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Home

News

Program

Layanan

Info