Pemerataan Pendidikan Hingga Daerah Pelosok Lewat Program Bantuan

Pemerataan Pendidikan Hingga Daerah Pelosok Lewat Program Bantuan

Kemajuan suatu bangsa bukan hanya dilihat dari apa yang berhasil dibuat. Melainkan, dari kualitas pendidikan yang diberikan sebagai upaya dalam mencerdaskan warga negaranya. Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan, terdiri dari berbagai macam suku dan ras. Lantas bagaimana dengan pemerataan pendidikan yang telah dilakukan?

Fakta di lapangan masih banyak daerah di pelosok yang belum mendapatkan pendidikan dengan kualitas baik. Mulai dari tenaga pengajar yang minim hingga bangunan sekolah yang masih jauh dari kata layak untuk digunakan.

Dari hal tersebut tentunya pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya melalui Kemdikbud dan menteri terkait lainnya. Dibalik upayanya tersebut ada berbagai gerakan peduli dari badan amal lewat program sosial untuk membantu dalam upaya pemerataan pendidikan di Indonesia.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya mengenai pemerataan pendidikan bisa Anda simak berbagai informasinya berikut ini.

Apa Itu Pemerataan Pendidikan?

Pemerataan pendidikan adalah suatu proses, cara dan perbuatan dalam melakukan pemerataan terhadap pelaksanaan pendidikan. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan pelaksanaan pendidikan yang sama. Tanpa adanya perbedaan baik dari suku, ras, dan agama karena semuanya wajib merasakan pendidikan yang sama.

Pendidikan di Indonesia sudah diatur dalam UUD 1945 yang menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban memenuhi hak warga negara dalam memperoleh pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa. Karena bangsa ini dapat maju dan berkembang melalui sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. 

Untuk menciptakan SDM yang berkualitas semuanya berawal dari pendidikan yang didapatkan. Semakin baik pendidikan yang didapatkan maka, sudah menjadi jaminan akan kualitas yang dapat diberikan. Dengan begitu dapat meningkatkan kesejahteraan umum warga negara.

Pendidikan yang didapatkan dari setiap daerah haruslah sama. Inilah yang menjadi tujuan dari pemerataan pendidikan tidak ada pelosok daerah yang mendapatkan pendidikan berbeda. Atau bahkan yang tidak tersentuh sama sekali oleh sistem pendidikan di daerahnya.

Masalah Pemerataan Pendidikan di Indonesia

Pemerataan Pendidikan Hingga Daerah Pelosok Lewat Program Bantuan
pemerataan pendidikan untuk kemerdekaan belajar. Sumber : Istockphoto.com

Di Indonesia masih banyak masalah yang dihadapi sehingga pemerataan pendidikan sampai saat ini belum 100 persen sama di setiap daerah. Artinya masih ada daerah yang belum mendapatkan kualitas pendidikan yang baik. Sehingga perlu untuk secara terus menerus pemerataan pendidikan dilakukan.

Masalah mendasar dari belum meratanya pendidikan di Indonesia adalah infrastruktur jalan. Susahnya akses menuju daerah pelosok membuat kualitas pendidikan yang didapatkan oleh warga masih serba terbatas. Hal ini membuat hanya sebagian masyarakat yang memiliki kemauan tinggi untuk bersekolah.

Adanya masalah akses yang sulit menuju daerah pelosok membuat masih banyak daerah di Indonesia belum mendapatkan akses pendidikan yang cukup baik. Mulai dari tenaga pengajar hingga fasilitas pendukung pendidikan yang semuanya masih serba terbatas.

Pentingnya Pemerataan Pendidikan 

Ketimpangan pendidikan di pelosok Indonesia sudah bukan bahasan lama. Ada begitu banyak anak-anak yang belum bisa mengecap indahnya pendidikan. Ini bisa dilihat dari infrastruktur serta tenaga pendidik yang tidak mumpuni. Lebih parah lagi, masih ada daerah yang belum terjamah pendidikan formal.

Bila semua warga negara di Indonesia mengenyam pendidikan maka, kesejahteraan kehidupannya akan terjamin. Karena dengan adanya ilmu yang didapatkan dalam menjalani pendidikan banyak hal yang dapat dilakukan. Mulai dari mendapatkan pekerjaan yang baik hingga membuka usaha. Atau menjadi pebisnis yang membantu dalam  menyediakan lapangan pekerjaan.  

Inilah yang menjadi alasan mengapa pemerataan pendidikan sangatlah penting. Karena setiap orang baik di kota hingga pelosok daerah wajib mendapatkan pendidikan yang sama. Karena pendidikan bukan hanya kalangan tertentu saja yang bisa mendapatkannya melainkan, semua orang tanpa memandang latar belakang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama.

Upaya Pemerataan Pendidikan di Indonesia

Untuk mewujudkan pendidikan di Indonesia yang maju telah banyak upaya dilakukan baik dari pemerintah, lembaga sosial, lembaga amal, dan lain-lain. Semuanya saling bersinergi untuk membantu dalam mempercepat pemerataan pendidikan.

Ada beberapa upaya yang telah dilakukan dan hingga sampai saat ini masih terus dijalankan diantranya:

1. Membangun Infrastruktur Daerah

Pemerataan Pendidikan Hingga Daerah Pelosok Lewat Program Bantuan
Infrastruktur adalah kunci untuk menunjang pendidikan. Sumber : Shutterstock.com

Sayangnya, seringkali yang membuat pendidikan di daerah pelosok tersendat adalah karena tidak adanya infrastruktur yang memadai, baik dari bangunan sekolah, fasilitas minimal sekolah, bahkan jalan yang bisa di akses murid-murid desa jauh.

Dalam pembangunan infrastruktur pemerintah daerah dan pusat telah bekerjasama. Lewat Kementerian`PUPR berbagai akses jalan menuju daerah pelosok di bangun. Dengan terhubungnya pusat daerah dan pelosok daerah maka, berbagai aktivitas lebih mudah dilakukan. Terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan yang lainnya.

Regulasi CSR perusahaan oleh pemerintah juga sudah diarahkan dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

2. Meningkatkan Kualitas Tenaga Pengajar (Guru)

Di Samping adanya pembangunan infrastruktur, meningkatkan kualitas pengajar juga perlu dilakukan. Hal ini telah dilakukan oleh Kemdikbud lewat berbagai program yang telah dibuat. Sehingga tenaga pengajar yang ada di daerah pelosok memiliki kualitas yang sama baiknya dengan daerah yang ada di kota.

Adanya peningkatan kualitas tenaga pengajar sangat membantu dalam mempercepat pemerataan pendidikan. Karena guru akan memiliki kualitas mengajar yang baik dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi terutama dalam bidang pendidikan. Selain itu, juga meningkatkan minat belajar siswa dan siswi di daerah pelosok.

3. Memperbaiki Sarana dan Prasarana Pendidikan

Pemerataan Pendidikan Hingga Daerah Pelosok Lewat Program Bantuan
Kualitas sarana dan prasarana pendidikan pelosok. Sumber : Shutterstock.com

Kenyamanan belajar juga menjadi hal penting yang ikut diperhatikan dalam pemerataan pendidikan. Dimana, muara dari tujuan dilakukannya pemerataan tentunya untuk memberikan akses pendidikan yang sama tanpa membedakan. Sehingga sarana dan prasarana pendidikan juga harus ikut diperbaiki atau dibangun.

Karena di daerah pelosok sarana dan prasarana pendidikan masih sangatlah minim. Sehingga membuat ekosistem belajar mengajar di sekolah terasa kurang nyaman. Ini juga yang menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dari daerah pelosok selain pembangunan infrastruktur.

4. Membantu Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan

Jika semua hal yang dibutuhkan telah diupayakan dalam membantu dalam mempercepat pemerataan pendidikan di daerah pelosok. Tahapan akhirnya adalah membantu dalam pemenuhan standar nasional pendidikan. Tujuannya agar siswa atau siswi yang akan melanjutkan pendidikan lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri mudah dalam melakukannya.

Sehingga sertifikasi sekolah yang ada di daerah pelosok perlu juga untuk dilakukan. Dengan begitu pendidikan yang didapatkan di setiap daerah pelosok yang ada di Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang sama.

5. Pelaksanaan Program Bantuan Pendidikan

Pemerataan Pendidikan Hingga Daerah Pelosok Lewat Program Bantuan
Ilustrasi pentingnya bantuan pendidikan. Sumber : Shutterstock.com

Dibalik upaya pemerintah Indonesia dalam membangun kualitas pendidikan di setiap daerah. Ada juga badan amal yang turut membantu dalam mempercepat pelaksanaannya yaitu, lewat program pendidikan yang diselenggarakan.

Program yang berorientasi membangun kekuatan intelektualitas dan spiritual anak Indonesia dengan pendekatan pendidikan, untuk mewujudkan generasi masa depan yang unggul dan berkah. Program bantuan ini sudah dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Dengan mengambil andil dalam upaya besar kebangkitan masyarakat dari sektor pendidikan, niscaya setiap bantuan yang ada akan sangat bermanfaat bagi anak-anak bangsa. Dan bagi Anda ada pahala jariyah yang terus mengalir. Anda bisa gunakan layanan bayar zakat online untuk memberi bantuan secara lebih mudah.

Semua upaya telah dilakukan untuk pemerataan pendidikan di Indonesia. Karena pada hakikatnya pendidikan merupakan hak dari setiap orang untuk mendapatkannya. Tanggung jawab terbesar ada pada pemerintah namun, kita juga bisa ikut dalam upaya mencerdaskan bangsa dan negara ini lewat percepatan pemerataan pendidikan di setiap daerah pelosok.

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Hari
Jam
Menit
Detik