Bagi pengusaha, istilah CSR mungkin sudah tidak asing. Alih-alih mengurangi porsi keuntungan dalam bisnis, CSR justru lebih banyak manfaatnya, apa saja itu? Simak manfaat CSR bagi perusahaan dalam artikel berikut ini.
Corporate social responsibility atau yang dikenal dengan CSR adalah aktivitas bisnis di mana sebuah perusahaan bertanggung jawab secara sosial pada pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai bentuk perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.
Berdasarkan Undang-Undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas atau UUPT pasal 1 ayat 3, menjelaskan bahwa CSR merupakan komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungan yang bermanfaat, baik manfaat CSR bagi perusahaan, pemerintah dan masyarakat pada umumnya.
Walaupun perseroan terbatas atau perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, moral dan lingkungan, akan tetapi yang dibebankan kewajiban hukum untuk menjalankan kegiatan CSR adalah perusahaan atau PT yang kegiatan usahanya pada bidang dan/atau yang berkaitan dengan sumber daya alam berdasarkan undang-undang yang berlaku.
Dana CSR dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk pembangunan fasilitas masyarakat atau desa. Fasilitas-fasilitas tersebut khususnya diperuntukkan untuk masyarakat yang bermukim disekitar tempat di mana perusahaan tersebut beroperasi.
Maka, setiap perusahaan wajib menyimpan (menyisihkan) dana mereka untuk memenuhi tanggung jawab sosial tersebut. Untuk besaran dananya, jika kita merujuk pada Peraturan UUPT dan Peraturan Pemerintah no 47 tahun 2012, tidak ada angka yang spesifik, dengan kata lain disesuaikan dengan kebijakan dari pihak perusahaan itu sendiri.
Akan tetapi, di tanah air besar dana CSR yang mainstream digunakan sebagai patokan adalah kisaran 2 sampai 3 persen dari total keuntungan perusahaan dalam jangka waktu operasional setahun.
Lebih dari itu juga, setiap daerah memiliki ketentuan atau aturan masing-masing mengenai besaran dana CSR ini. Misalnya untuk daerah Kalimantan Timur sebesar 3 persen berdasarkan peraturan daerah yang berlaku.
Landasan Hukum CSR Perusahaan
Meskipun besaran dari dana CSR ini tidak spesifik, namun berdasarkan keterangan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dana CSR bersifat wajib, sebagaimana yang tercantum dalam UU 40/2007 pasal 74 ayat 1-4 yang berbunyi:
- Ayat satu, perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya pada bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.
- Ayat dua, tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagaimana dalam ayat satu adalah kewajiban perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.
- Ayat tiga, perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana yang dimaksud pada ayat satu, maka akan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Ayat empat, ketentuan lebih lanjut mengenai tanggun jawab sosial dan lingkungan diatur dengan peraturan pemerintah.
Jenis Jenis Program CSR Perusahaan
- Rehabititasi alam
- Penggunaan sumber energi terbarukan
- Pengolahan limbah
- Filantropi
- Budaya kerja ramah sumber daya manusia (SDM)
- Pemberdayaan ekonomi karyawan
- Volunteering
Manfaat CSR bagi Perusahaan
Ada banyak manfaat CSR bagi perusahaan, itulah kenapa program ini wajib dijalankan oleh setiap perusahaan. CSR ini menjadi sebuah bentuk komitmen dari perusahaan pada masyarakat atas dampak yang mereka timbulkan di masyarakat akibat beroperasinya perusahaan.
Ada banyak sawah dan pohon yang ditebang demi membangun sebuah pabrik atau perusahaan. Demikian pula dengan oksigen dan udara segar yang idealnya dirasakan oleh masyarakat tergantikan dengan udara yang tercemar polusi.
Banyaknya kerugian yang didapatkan masyarakat dari kemunculan pabrik dan perusahaan tersebut maka ditebus dengan CSR sebagai bentuk tanggung jawab. Beberapa manfaat CSR bagi perusahaan adalah:
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Manfaat CSR bagi perusahaan yang pertama adalah bisa meningkatkan citra baik perusahaan. jadi, apabila perusahaan terlibat dengan program CSR, maka akan dipandang mempunyai rasa kepedulian yang baik terhadap masyarakat. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.
2. Memperkuat Branding Perusahaan
Manfaat selanjutnya adalah bisa memperkuat branding perusahaan. Untuk mengoptimasi proses CSR tidak jarang perusahaan juga membagikan produknya secara percuma pada masyarakat, terlebih masyarakat sekitar lokasi perusahaan beroperasi.
Dengan kegiatan membagikan produk secara gratis tersebut, secara tidak langsung perusahaan telah memperkuat posisi branding produknya pada masyarakat. Berawal dari produk gratis tadi, masyarakat memakai dan menggunakannya dan darinya mereka mengenal keunggulan dari produk perusahaan.
3. Prospek Kerjasama
Dalam menjalankan kegiatan CSR, perusahaan tidak bekerja sendirian. Umumnya perusahaan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat atau dinas terkait guna bekerja sama dalam menjalankan program CSR nya. Hal tersebut secara tidak langsung, diyakini atau tidak bisa memberikan prospek kerja sama di masa mendatang.
4. Strategi Tepat untuk Bersaing
Hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia bisnis dan usaha adalah adanya kompetisi. Sebenarnya ada banyak upaya dan strategi yang bisa dilakukan agar perusahaan terlihat unggul dari pesaingnya, salah satunya adalah dengan terlibat dalam kegiatan CSR.
Di tengah kebanyakan pengusaha berpola pikir memaksimalkan keuntungan, minimalisasi pengeluaran, namun perusahaan Anda tetap peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitar. Hal tersebut akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi perusahaan di mata masyarakat, dibandingkan perusahaan lainnya.
5. Inovasi dan Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Kegiatan CSR ini bukan hanya sebuah kegiatan seremonial yang dilakukan perusahaan kepada masyarakat. Namun CSR ini adalah kegiatan yang berkesinambungan dalam upaya memberdayakan masyarakat.
Oleh karenanya, dengan CSR ini perusahaan bisa menghasilkan berbagai bentuk inovasi sekaligus pembelajaran yang bisa meningkatkan pengaruh perusahaan di tengah masyarakat, industri terkait bahkan mempengaruhi pemerintah.
6. Sebagai Jalan Investasi Perusahaan
Setiap perusahaan yang melakukan CSR umumnya menjadi magnet bagi para investor. Ada banyak investor yang kemudian menanamkan modal investasinya pada perusahaan yang menjalankan kegiatan CSR. Bukan tanpa tujuan memang. Dengannya investor juga mendapatkan peningkatan citranya di tengah masyarakat.
7. Meningkatkan Harga Saham
Manfaat CSR bagi perusahaan yang tidak boleh terlewatkan adalah mampu meningkatkan harga saham perusahaan. apabila perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan konsisten, maka masyarakat bisnis dalam hal ini investor dan kreditur, pemerintah, akademisi dan konsumen pada umumnya akan makin mengenal perusahaan. Sebab, salah satu faktor penentu harga saham adalah kinerja perusahaan, dalam aspek sosial kemanusiaan dan lingkungan diwakili oleh kegiatan CSR.
Selain memberikan manfaat positif bagi perusahaan, CSR juga memberikan beberapa manfaat lain, mulai dari manfaat CSR bagi masyarakat, manfaat CSR bagi pemerintah dan manfaat CSR bagi pemegang saham dan konsumen
Manfaat CSR bagi Masyarakat
Kegiatan CSR bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dalam berbagai aspek, mulai dari penyerapan tenaga kerja dari masyarakat sekitar, kesempatan mengikuti program pemberdayaan dan pengembangan yang diberikan perusahaan.
Bisa untuk lebih menguatkan dan memberdayakan kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, kelembagaan sosial dan memperkecil terjadinya konflik sosial. Juga bisa membuka ruang kerja dan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum dan secara khusus di sekitar tempat beroperasinya perusahaan. Dapat meningkatkan kemandirian masyarakat untuk berusaha serta turut membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dengan menggunakan pekerja yang berasal dari warga lokal sekitar.
Manfaat CSR bagi Pemerintah
Selain manfaat CSR bagi perusahaan dan masyarakat di atas, ternyata kegiatan CSR juga memberikan manfaat untuk pemerintah, yakni bisa mendukung program-program pemerintah terkait kemajuan bangsa, seperti mengurangi angka pengangguran, pencemaran lingkungan, ketersediaan fasilitas kesehatan, pendidikan dan memberantas kemiskinan.
Manfaat CSR bagi Pemegang Saham/Konsumen
Manfaat CSR juga bisa dirasakan oleh pemegan saham dan konsumen perusahaan, bukan hanya perusahaan itu sendiri, masyarakat dan pemerintah. Sebabnya adalah, dengan citra positif yang didapatkan perusahaan, maka bisa menjadi umpan bagi para pemodal untuk berinvestasi pada perusahaan dan konsumen akan lebih percaya pada produk perusahaan karena memiliki citra yang baik.
Sanksi Tidak Melakukan CSR bagi Perusahaan
Berdasarkan empat ayat pada UU 40/2007 pasal 74 di atas, apabila ketentuan CSR tidak dilaksanakan maka perusahaan terkait akan diberikan sanksi administrasi, terdiri dari peringatan tertulis, pembatasan kegiatan usaha, pembekuan atau pencabutan izin kegiatan usaha dan/atau fasilitas penanaman modal. Hal tersebut secara tegas dimuat dalam UU Pasar Modal pasal 34.
Nah, untuk Anda yang memiliki perusahaan dan bisnis yang termasuk dalam kategori yang wajib melaksanakan program CSR, Baitul Maal Hidayatullah hadir untuk memfasilitasi Anda dalam menghimpun dana CSR kemudian mendistribusikannya sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk info selengkapnya kunjungi website kami untuk mendapatkan akses konsultasinya.