pendidikan di pelosok Indonesia

Ketimpangan Pendidikan di Pelosok Indonesia, Apa Peran Kita?

Pendidikan di pelosok Indonesia masih menjadi sorotan tersendiri. Pasalnya ketika daerah lain mengalami pertumbuhan pendidikan yang pesat, daerah pelosok banyak yang masih tertinggal. Padahal pada dasarnya semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

Jika merujuk pada agama Islam, tujuan pendidikan adalah untuk membimbing generasi hingga memiliki kepribadian islami. Dengan demikian diperlukan berbagai fasilitas untuk merangsang fungsi akal.

Akal memang memiliki peran utama, namun fasilitas penunjang tetap diperlukan. Saat akal sudah mempunyai pola pikir, maka akan menghasilkan perilaku. Dari perilaku menjadi kebiasaan dan akhirnya menjadi karakter yang membentuk sebuah kepribadian.

pendidikan di pelosok Indonesia
pendidikan, modal penting untuk masa depan generasi penerus. sumber: pendidikan.id

Berbagai daerah pelosok di Indonesia memiliki sumber daya manusia yang kompeten sebagai aset bangsa. Tetapi, fasilitas yang tersedia masih minim dan kekurangan. Hal inilah yang membuat sumber daya tersebut tidak akan terasah dengan maksimal.

Potret Pendidikan di Pelosok Indonesia

Indonesia adalah negara kaya raya. Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, sumber daya manusianya lebih dari cukup. Dengan demikian saat manusianya ditempa dengan pendidikan yang baik, tentu sumber daya alam bisa dikelola dengan baik pula.

Sayangnya aset terbesar bangsa itu hingga kini masih banyak yang belum tersentuh. Pendidikan yang didapatkan terkesan minimalis bahkan kekurangan.

Untuk memaksimalkan pendidikan di daerah tersebut tidaklah harus menunggu pemerintah. Justru dengan kepedulian pada sesama, siapapun dapat mengulurkan tangan. Saat itulah orang yang peduli bisa turut berkontribusi pada bangsa serta memiliki tabungan akhirat.

pendidikan di pelosok Indonesia
potret pendidikan di daerah pelosok Indonesia. sumber: edupost.id

Daerah Indonesia yang pendidikannya masih tertinggal rata-rata adalah daerah terluar. Selain banyak ditemukan di daerah timur Indonesia, daerah luar yang lain juga bernasib sama. Potret pendidikan pelosok negeri pernah menjadi bahasan tersendiri oleh Kominfo.

Contoh daerah yang masih tertinggal pendidikannya adalah daerah Aceh. Di daerah seperti Pulau Nasi, Rinon, Lapeng, Ulee Paya bisa dikatakan sulit menjangkau sekolah. Meskipun sekolah dari SD hingga SMP sudah ada di Aceh Besar namun jenjang SMA masih sangat sulit.

Tempat pendidikan yang ada pun masih sangat sederhana. Para murid belajar dengan fasilitas seadanya. Bahkan para guru enggan untuk menetap di daerah mereka mengajar karena minimnya fasilitas.

Hingga saat ini daerah pelosok masih sulit mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat. Sebagai sesama putra bangsa, fenomena semacam ini selayaknya mengetuk hati. Perhatian pada sesama putra bangsa akan menumbuhkan harapan yang berarti.

Sebab Minimnya Pendidikan di Pelosok Indonesia

Daerah pelosok sulit mengembangkan pendidikan tentu disebabkan banyak faktor. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

1. Akses

Masalah akses menjadi sebab utama sebuah daerah berkembang. Tidak hanya urusan pendidikan saja, namun juga pada sektor yang lain. Ketika sebuah daerah memiliki akses yang mudah, kebutuhan untuk membangun mudah untuk tersalurkan.

pendidikan di pelosok Indonesia
akses yang susah, salah satu masalah pendidikan di daerah pelosok. sumber: diajarnyerat.files.wordpress.com

Selain itu sumber daya manusia bisa datang dengan mudah. Rata-rata para SDM mumpuni tidak bertahan di suatu daerah disebabkan sulitnya akses. Dengan demikian jika akses diperbaiki maka mengembangkan sebuah daerah semakin mudah, termasuk pada pendidikan.

2. Minim Guru

Kondisi pendidikan di daerah terpencil tidak mengalami perkembangan diantaranya karena minim guru. Guru adalah sosok yang memiliki peran penting. Guru yang memiliki inisiatif, selain berupaya mengangkat kualitas muridnya juga peduli pada lingkungannya.

Jika guru yang dimiliki jumlahnya terbatas, tentu fungsi tersebut sulit tercapai. Terlebih nasib para guru pun tidak bisa dikatakan baik-baik saja. Selain beban tugas yang terlampau besar, kesejahteraan mereka pun bisa dikatakan belum maksimal.

3. Fasilitas Tak Layak

Fasilitas cukup berpengaruh dalam dunia pendidikan. Meskipun bukanlah hal utama, dengan fasilitas memadai akan memberikan dorongan semangat pada peserta didik. Dengan semangat tersebut pendidikan yang diselenggarakan semakin mudah menghasilkan SDM yang baik.

Nah, salah satu masalah pendidikan daerah pelosok Indonesia adalah banyaknya sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai. Misalnya saja, kurangnya kelas, keadaan gedung dan kelas yang mengkhawatirkan dan lain-lain. Saat pendidikan di kota sudah memiliki laboratorium, masih ada pelajar di pelosok yang belajar beralaskan tanah.

pendidikan di pelosok Indonesia
sekolah di pelosok Indonesia, cenderung minim fasilitas. sumber: img.inews.co.id

4. Tingkat Ekonomi Rendah

Ekonomi menjadi sebab tersendiri yang berpengaruh pada pendidikan. Bukan tidak memiliki minat untuk belajar, namun keadaan ekonomi seringkali menjadi penghalang. Daripada menghabiskan waktu untuk belajar yang dinilai lama menghasilkan uang, banyak SDM yang memilih bekerja. Padahal usia mereka masih produktif untuk belajar.

Banyak diantaranya yang tidak bisa membayar biaya pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih kesulitan. Jika sudah seperti ini, pendidikan sudah tak begitu penting bagi mereka.

5. Pola Pikir

Kebiasaan hidup yang dijalani bersama masyarakat menumbuhkan pola pikir tersendiri. Jika interaksi yang terjadi sesama orang yang tidak berpendidikan, tentu pentingnya pendidikan menjadi kabur.

Fenomena seperti ini bukanlah kesalahan. Jika ada keseriusan, maka pola pikir demikian bisa dirubah. Tentu dengan mengirimkan orang yang istiqomah mengajak kepada perubahan menuju hidup lebih baik.

Peduli Pendidikan di Daerah Pelosok Bersama BMH

Kurangnya fasilitas pendidikan di daerah terpencil adalah hal yang harus menjadi perhatian bersama. Pasalnya, pendidikan adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakat demi membangun masyarakat yang cerdas.

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) tentu senantiasa memberikan perhatikan terkait masalah ini. Selain mengirim da’i untuk melakukan perbaikan, BMH juga konsentrasi untuk memperbaiki kekurangan fasilitas tersebut. Harapannya supaya aset bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

pendidikan di pelosok Indonesia
kepedulian relawan untuk pendidikan di pelosok Indonesia. sumber: unair.ac.id

Sarana pendidikan di daerah tersebut masih minim dan jauh dari kata layak. Dari survey yang dilakukan ke daerah tersebut, generasi bangsa yang butuh pendidikan jumlahnya tidaklah sedikit. Ketika ada yang memberikan sarana pendidikan, akhirnya akan menjadi pahala jariyah.

Jika Anda bersedia turut andil dalam mengulurkan kepedulian, saat ini BMH memiliki layanan donasi online yang akan memudahkan Anda menyalurkan bantuan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengakses agenda kegiatan kami untuk memberikan gambaran bagaimana kondisi pendidikan di daerah pelosok tersebut.

Semoga apa yang telah didonasikan akan terus mengalirkan kebaikan. Aamiin.

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.