Inilah Keistimewaan Penghafal Alquran, Anda Bisa Berkontribusi!

Inilah Keistimewaan Penghafal Alquran, Anda Bisa Berkontribusi!

Salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala adalah ketika seorang muslim diberikan jalan kemudahan dalam menghafal Alqur’an. Maka, tidak heran jika setiap muslim berlomba-lomba dalam menghafalkan ayat-ayat Alqur’an tersebut. Sebab, diantara keistimewaan penghafal Alquran yaitu mereka akan dimuliakan Allah di akhirat kelak.

Bagi seorang muslim, Alqur’an merupakan panduan dalam menjalani kehidupan dunia sekaligus menjadi pengingat akan adanya hari dimana semua manusia akan dibangkitkan kelak di akhirat. Setiap ayat yang ada didalamnya dapat menjadi penenang jiwa sekaligus peringatan bagi setiap manusia yang membacanya.

Saking mulianya Alqur’an, Allah Subhanahu wa ta’ala pun menjanjikan pahala serta nikmat-nikmat yang tak ternilai pada setiap muslim yang mampu menghafalkannya. Tak hanya berhenti sampai para penghafalnya saja, tetapi bagi orang-orang yang bersedia membantu dan memberikan kemudahan bagi para penghafal Alquran, mereka juga akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah.

Mengenal Sifat Penghafal Al-Qur’an

Menjadi penghafal Alquran bukan semata-mata mampu menghafalkan setiap ayat yang ada didalam Alqur’an, melainkan ayat-ayat Alquran tersebut seharusnya menjadi tuntunan dalam membangun akhlak dan sifat dari penghafalnya.

Setidaknya ada beberapa etika atau sikap perilaku seorang penghafal Alquran yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Akhlak dan Perilaku

Inilah Keistimewaan Penghafal Alquran, Anda Bisa Berkontribusi!
Ilustrasi penghafal alquran. Sumber : Sumber : Shutterstock.com

Seorang penghafal Alquran selalu berusaha untuk memiliki akhlak dan perilaku yang menyelaraskan dengan apa yang ditunjukkan dalam Alquran. Semua mengetahui bahwa tidak ada manusia yang memiliki kesempurnaan akhlak melainkan hanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Meski begitu, para penghafal Alqur’an hendaknya selalu berusaha untuk mencontoh pribadi dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana ketika salah satu sahabat bertanya kepada Sayyidah Aisyah Radhiyallahu Anha mengenai akhlak Rasulullah.

Aisyah Radhiyallahu Anha pun lantas menjawab, “Akhlak Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Alqur’an.” (HR. Muslim)

2. Menjalankan Perintah dan Menjauhi Larangan

Di dalam Alquran terdapat sejumlah perintah yang wajib dijalankan sekaligus larangan yang juga wajib untuk dihindari. Dalam hal ini, seseorang yang telah menghafal Alquran sepatutnya selalu berusaha dalam mengamalkan apa saja yang ia baca dan hafalkan.

3. Menjauhi Sifat Sombong

Penghafal Alquran sangatlah rentan terkena penyakit hati. Salah satu penyakit hati yang wajib diwaspadai adalah sombong. Sifat sombong pada diri seorang penghafal Alquran bisa menjadi bumerang baginya, tidak hanya di dunia melainkan juga di akhirat.

Oleh karena itu, hendaknya setiap penghafal Alquran harus memiliki pemikiran bahwa yang memberikan kesempatan dan kemudahan dalam menghafalkan Alquran adalah Allah. Dengan begitu, ia tidak bisa menyombongkan dirinya sebab tanpa bantuan Allah, ia tidak mungkin mampu dalam menghafalkan Alquran.

Jaminan dan Keistimewaan Penghafal Alquran

Inilah Keistimewaan Penghafal Alquran, Anda Bisa Berkontribusi!
Ilustrasi penghafal alquran. Sumber: Shutterstock.com

Seorang muslim yang mengikhlaskan hatinya untuk istiqomah menghafalkan ayat-ayat Alquran tentunya akan diberikan keistimewaan yang luar biasa oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Jaminan seorang penghafal Alqur’an bukan hanya diberikan di dunia, tetapi kemuliaan tersebut akan terus berlanjut hingga di akhirat kelak.

Jaminan dan keistimewaan itulah yang menjadi kekuatan dan motivasi bagi para penghafal Alquran yang tersebar di seluruh penjuru dunia untuk terus berusaha menghafalkan ayat demi ayat. Tentunya keistimewaan tersebut tidak hanya dinikmati oleh sang penghafal saja.

Para guru, pembimbing, orang tua, dan orang-orang yang ikhlas memberikan support juga tercatat sebagai mereka yang membantu memudahkan para penghafal Alquran dalam melakukan amal sholeh yang sangat mulia.

Berikut adalah keistimewaan yang ditunjukkan kepada para penghafal Alquran beserta dengan hadits tentang motivasi menghafal Alqur’an:

1. Keistimewaan Penghafal Alquran, Syafaat dari Quran

Jaminan bagi para penghafal Alquran yang ikhlas dan ridho menggunakan waktunya untuk menghafal dan menjaga hafalan Alqurannya kelak di akhirat nanti Alquran lah yang akan menjadi syafaat yang bisa menolongnya.

Sebagaimana disampaikan dalam salah satu hadits dari Abu Umamah al Bahili radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: “Rajinlah membaca Al-Qur’an, karena dia(Al-Qur’an) akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim No. 1910)

2. Mahkota Cahaya untuk Orang Tua

Inilah Keistimewaan Penghafal Alquran, Anda Bisa Berkontribusi!
Keistimewaan penghafal alquran, memberikan mahkota cahaya kepada orangtua. Sumber : Shutterstock.com

Tidak ada yang lebih membanggakan bagi orang tua selain melihat anak-anaknya mampu untuk mengkhatamkan dan menghafalkan Alqur’an. Kebahagiaan itu tidak hanya berlangsung di dunia, namun juga di akhirat.

Dari Buraidah radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 من قرأ القرآن وتعلَّم وعمل به أُلبس والداه يوم القيامة تاجاً من نور ضوؤه مثل ضوء الشمس ، ويكسى والداه حلتين لا تقوم لهما الدنيا فيقولان : بم كسينا هذا ؟ فيقال : بأخذ ولدكما القرآن

Artinya: “Siapa yang menghafalkan Al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberikan dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim No. 756 dan dihasankan al-Abani)

3. Dibersamai oleh Malaikat yang Mulia

Inilah Keistimewaan Penghafal Alquran, Anda Bisa Berkontribusi!
Penghafal alquran akan dibersamai malaikat yang mulia. Sumber : Shutterstock.com

Sungguh Maha Penyayangnya Allah kepada hamba-hambaNya yang memiliki keinginan untuk menghafalkan Alquran sehingga Allah pun menjanjikan mereka untuk dibersamai oleh para malaikat yang mulia nan baik. Hal ini disampaikan melalui hadits yaitu sebagai berikut:

Dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

مَثَلُ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهُوَ حَافِظٌ لَهُ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ، وَمَثَلُ الَّذِي يَقْرَأُ وَهُوَ يَتَعَاهَدُهُ وَهُوَ عَلَيْهِ شَدِيدٌ فَلَهُ أَجْرَانِ

Perumpamaan orang yang membaca Alqur’an dan ia menghafalkannya, makai akan bersama dengan malaikat yang mulia dan baik. Sedangkan perumpamaan orang yang membaca AlQur’an dengan tekun, dan ia mengalami kesulitan dalamnya, maka ia akan medapat ganjaran dua pahala.” (HR. Bukhari No. 4556)

Cara Berkontribusi untuk Penghafal Alquran

Setiap muslim memiliki kesempatan untuk melakukan amal sholeh semampu dan semaksimal yang bisa ia lakukan. Potensi yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala tersebut hendaknya dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin. Begitu juga bagi sesama muslim yang mungkin belum memiliki kesempatan untuk menghafalkan Alqur’an.

Mungkin sebagian dari Anda tidak memiliki kesempatan untuk menghafalkan Alquran secara maksimal disebabkan dari faktor umur dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi suatu halangan. Sebab Allah selalu membuka pintu selebar-lebarnya bagi hamba-Nya yang ingin melakukan amal sholeh.

Diantara amal sholeh yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkontribusi untuk membantu para siswa, santri, maupun anak yatim yang khusus dididik agar menjadi penghafal Alqur’an. Bentuk kontribusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan donasi program pendidikan dan pesantren yang akan sangat membantu proses pembelajaran para santri penghafal Alqur’an.

Setiap manusia telah ditetapkan rezekinya masing-masing. Rezeki tersebut bisa dalam bentuk dimudahkan dalam memahami ilmu ataupun dimudahkan dalam menghafal ayat-ayat Alquran. Di sisi lain, Allah juga menurunkan rezekinya dalam bentuk materi, supaya mereka dapat beramal sholeh dengan harta tersebut.

Membantu sesama kini lebih mudah dengan layanan sedekah dan bayar zakat online dari BMH. Baitul Maal Hidayatullah siap membantu untuk menyalurkan sebagian harta Anda untuk diberikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Semoga harta yang Allah Subhanahu wa ta’ala titipkan kepada Anda, menjadi sebuah pintu keberkahan yang dapat membawa Anda kepada kenikmatan tanpa batas yaitu surga.

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Hari
Jam
Menit
Detik