Des_MULIA_IDEALITA_1-2.jpg

Zakat itu Membawa Ketenteraman

Keuntungan paling dahsyat dari taat membayar zakat adalah mudahnya kita memperbaiki akhlak yang akan memilih jalan rezeki halal dan baik

Oleh: Supendi (Dirut Laznas BMH)

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang telah memenuhi syarat. Zakat memiliki banyak hikmah dan keutamaan, salah satunya adalah sebagai sarana untuk membersihkan harta dan jiwa.

Membayar zakat memang terasa berat, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa menghitung-hitung hartanya. Rasa berat itu bisa muncul karena berbagai faktor, seperti ketidaktahuan.

Ketidaktahuan tentang keutamaan zakat membuat orang ragu untuk menunaikan zakat. Takut uang atau hartanya berkurang. 

Padahal harta berkurang itu dalam hal jumlah, tetapi keberkahan akan Allah tambahkan. Itulah kenapa orang yang beriman selalu percaya kepada Allah daripada hitung-hitungan materi dari otak yang selalu memandang jumlah lebih utama daripada berkah.

Kemudian, boleh jadi karena kebiasaan hidup konsumtif. Orang yang seperti itu akan merasa berat untuk mengeluarkan hartanya untuk orang lain.

Padahal, jika kita memahami keutamaan zakat, maka kita akan menyadari bahwa zakat adalah kewajiban yang mendatangkan manfaat bagi diri kita sendiri, masyarakat, dan bangsa.

Zakat akan mendatangkan ketenangan jiwa bagi orang yang menunaikannya. Hal ini karena zakat merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT. 

Ketika kita taat kepada Allah SWT, maka hati kita akan menjadi tenang dan tenteram.

Selain itu, zakat juga akan mendatangkan manfaat sosial bagi masyarakat. Zakat dapat membantu orang-orang yang membutuhkan, sehingga mereka dapat hidup dengan lebih layak.  Hal ini akan menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera dan damai.

Oleh karena itu mari niatkan diri berzakat segera sebelum tahun berganti. Kita mulai latihan dan upaya membuktikan kedahsyatan dari perintah Allah tentang zakat ini. 

Sungguh mustahil zakat yang kita tunaikan akan membuat kita merugi dan celaka. Justru akan sebaliknya, bahagia, selamat, beruntung dan berjaya, insya Allah.

Keuntungan paling dahsyat dari taat membayar zakat adalah mudahnya kita memperbaiki akhlak kita. Kita akan memilih jalan rezeki halal dan baik.

Dan, saat kita berzakat ke lembaga resmi, katakan seperti Laznas BMH, kemudian didoakan oleh amil yang bertugas, insya Allah ketentraman hati segera meliputi diri.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).*

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Home

News

Program

Layanan

Info