20231025_112305.jpg

Temui Dubes, BMH dan Lembaga Zakat Anggota FOZ Salurkan Donasi Lewat Kedubes Palestina

Laznas BMH dan dua lembaga anggota Forum Zakat secara langsung menyalurkan donasi lewat Kedutaan Besar Palestina pada Rabu (25/10/2023) di Kantor Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat. 

Donasi ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia atas kebrutalan militer yang dilakukan oleh zionis Israel kepada Palestina terutama yang berada di wilayah Gaza. 

Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, (H.E) Zuhair Al-Shun menyebutkan menjelaskan bahwa serangan sampai saat ini masih terus dilakukan oleh Israel. 

“Ini adalah genosida yang dilakukan Israel sejak 1948 dan kami terus menahan dan memperjuangkan demi kemerdekaan kami. Presiden kami, terus melakukan diplomasi dan cara lain untuk menghentikan serangan ini” ungkapnya. 

Atas serangan ini, akibatnya 700 syuhada gugur akibat agresi, dan lebih dari 263 ribu orang kehilangan rumah mereka sendiri, sehingga kebanyakan warga lebih memilih meninggalkan tanah air mereka untuk mencari tempat aman. 

“Di Gaza suara roket dan mesil berterbangan,” kata dia. 

Dalam perjuangan ini, lanjutnya, Palestina mengandalkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia untuk Palestina. 

“Kami sangat menghargai kedatangan hari ini dan bantuannya yang disalurkan lewat lembaga zakat selama ini kepada kami, semoga Allah membalas dengan sebaik-baiknya balasan,” tandasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Kerjasama dan Sinergi Forum Zakat Zainal Abidin menyatakan keprihatinannya atas kekejaman Israel terhadap Palestina. 

“Apalagi kita tau banyak korban jiwa anak-anak dan Perempuan, serangan juga menyasar ambulan, rumah sakit & tempat ibadah,” ungkapnya. 

“Tentu kita marah dan kita tidak bisa membiarkan saudara di Gaza dizalimi oleh zionis. Maka penggalangan bantuan & donasi ini akan terus kami galakan, kami juga tidak lelah menyiarkan dukungan melalui media sosial dan kanal lain untuk menunjukkan kekokohan dan kesolidan umat muslim” tegasnya. 

Senada, Wakil Bendahara Umum FOZ, Suryanto, mengatakan antusiasme masyarakat Indonesia dan gerakan zakat sangat besar dalam mendukung Palestina dan berharap bantuan yang disalurkan sampai dengan aman pada saudara di sana. 

Kepala Humas BMH Pusat, Imam Nawawi menerangkan bahwa antusiasme umat membantu Palestina melalui lembaga zakat sangat tinggi. 

“Masyarakat sangat ingin membantu saudara kita di Palestina. Sampai saat ini bantuan untuk Palestina masuk ke BMH di berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan ini kita harapkan penyaluran bisa lebih komprehensif,” tuturnya.

Kunjungan dan penyaluran donasi Palestina ini dihadiri oleh oleh tiga lembaga zakat anggota Forum Zakat yakni Rumah Zakat, Baitulmaal Hidayatullah, dan Baitulmaal Merapi Merbabu. 

“Total bantuan yang diserahkan adalah Rp350.000.000,” tutup Suryanto.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Hari
Jam
Menit
Detik