Berbagi takjil di bulan Ramadhan, Sumber: kemenkeu.go.id

Sedekah Takjil Ramadhan, Amalan Mudah Berbalas Pahala Melimpah

Ramadhan adalah salah satu bulan istimewa bagi umat Islam. Pasalnya, pada bulan tersebut, Allah memberikan pahala berlipat untuk setiap amal baik yang dilakukan. Oleh karenanya, kemuliaan bulan ini sangat disayangkan jika tak melakukan amal kebaikan. Dari berbagai deretan pilihan amalan, sedekah takjil Ramadhan menjadi satu pilihan.

Seperti diketahui, Ramadhan memang sangat identik dengan takjil. Setiap menjelang waktu berbuka, berbagai menu takjil akan disediakan untuk menghilangkan dahaga yang tertahan selama seharian. 

Di sisi lain, berbagi takjil merupakan bentuk sedekah makanan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Terkait hal ini, dari Yazid bin Khalid Al-Juhani Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Barang siapa yang memberi makanan berbuka pada orang yang berpuasa dia memperoleh pahala seperti pahala orang tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun.” (HR At-Tirmidzi)

Seberapa Penting Sedekah Dalam Islam?

Mengeluarkan harta dengan niat bersedekah tak dipungkiri memiliki kedudukan penting dalam Islam. Sedekah menjadi amalan yang menyentuh banyak sendi. Selain sendi spiritual, sedekah juga menghidupkan sendi sosial dan ekonomi.

Tak mengherankan jika Rasulullah menganjurkan umatnya untuk membiasakan sedekah dalam kehidupan. Jika di hari-hari biasa sedekah bukan menjadi amalan prioritas, sedekah bulan Ramadhan akan lebih baik jika dijadikan amalan prioritas dan lebih ditingkatkan.

Penjelasan hadits mengenai pentingnya bersedekah, Sumber: ilmuk.org
Penjelasan hadits mengenai pentingnya bersedekah, Sumber: ilmuk.org

Dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhu beliau berkata yang artinya,

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah orang yang paling dermawan dengan kebaikan, dan lebih dermawan lagi saat bulan Ramadhan ketika Jibril bertemu dengannya. Jibril menemuinya setiap malam Ramadhan untuk menyimak bacaan Al-Qurannya. Sungguh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lebih dermawan daripada angin yang berhembus.” (HR Muslim No. 2308)

Bukti cinta kepada Rasulullah adalah dengan mengikuti perjalanan hidupnya. Dengan demikian, mencontoh beliau dalam bersedekah tentu akan menjadi satu bukti kecintaan pada beliau. Selain itu tetap tidak meninggalkan amalan bulan Ramadhan yang lain.

Amalan bersedekah memiliki dampak besar pada seorang muslim. Selain mendatangkan pahala dan keberkahan, sedekah juga menjadi impian bagi mereka yang telah meninggal dunia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Munafiqun ayat 10 yang artinya, 

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu lalu dia berkata, Ya Rabbku mengapa Engkau tidak menangguhkan kematianku walau sebentar saja? Sehingga aku bisa bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih.”

Keutamaan Sedekah Takjil Ramadhan

Di dalam syariat terdapat banyak penjelasan tentang keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Adanya banyak keutamaan adalah bukti bahwa amalan ini termasuk yang penting untuk dilaksanakan.

Adapun beberapa keutamaan sedekah takjil di bulan Ramadhan diantaranya adalah:

1. Mendapat Pahala Berlipat

Seorang mukmin yang bersedekah dengan niat karena Allah akan mendapat pahala berlipat. Terlebih jika bersedekah dibulan puasa, tentunya pahala akan semakin berlipat ganda. Selain dari penjelasan hadits yang telah disebutkan di atas, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga memberi penjelasan dengan firman-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Hadid ayat 18 yang artinya,

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah jalan yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Sedekah takjil Ramadhan, Sumber: jatengprov.go.id
Sedekah takjil Ramadhan, Sumber: jatengprov.go.id

2. Menghapus Dosa

Melakukan amalan sedekah juga akan menghapus dosa seseorang. Dosa akan dibalas Allah Subhanahu wa Ta’ala saat di akhirat kelak. Dengan demikian alangkah baiknya sebelum maut menjemput, seseorang menghapus dosanya dengan bersedekah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR At-Tirmidzi)

3. Mendapat Naungan di Akhirat

Pengadilan di akhirat merupakan waktu dimana seseorang tidak akan mendapat pertolongan. Saat semua orang gelisah, Allah memberikan perlindungan bagi orang yang mengamalkan sedekah. Baik sedekah setiap hari maupun sesekali, tetap akan mendatangkan naungan Allah jika dilakukan dengan ikhlas.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah pada hari kiamat, pada saat tiada naungan kecuali naungannya….Dan seseorang yang bersedekah dengan satu sedekah lalu dia menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya..” (HR Al-Bukhari)

4. Memberi Keberkahan

Harta yang dikeluarkan dengan sedekah sejatinya tidak akan berkurang. Bahkan harta tersebut akan menjadikan harta dan kehidupan seseorang menjadi lebih berkah. Hal tersebut disebabkan doa yang dipanjatkan oleh para penerima sedekah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR Muslim)

5. Didoakan Malaikat

Keutamaan melakukan amalan sedekah lainnya yakni akan didoakan oleh Malaikat untuk kebaikan. Doa sejatinya adalah senjata bagi seorang muslim. Lantas bagaimana dampaknya jika yang mendoakan adalah makhluk yang selalu taat?

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua Malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti bagi orang-orang yang bersedekah”. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah berilah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya.” (HR Al-Bukhari)

Itulah beberapa keutamaan dari mengamalkan sedekah, terutama saat bulan Ramadhan. Kabar gembiranya, sedekah bukanlah amalan yang harus dilakukan dengan batas tertentu. Setiap muslim boleh bersedekah sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Salurkan Sedekah Bersama Baitul Maal Hidayatullah

Cara berdonasi melalui BMH, Sumber: myloveuae.com
Cara berdonasi melalui BMH, Sumber: myloveuae.com

Sedekah merupakan amalan yang tidak terbatas penyalurannya. Baik orang miskin maupun orang berada, boleh diberikan sedekah. Meskipun demikian, tetap akan lebih bermanfaat jika diberikan kepada orang yang tepat.

Untuk menunaikannya saat ini sudah semakin mudah. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dalam bersedekah. Baitul Maal Hidayatullah telah menyediakan layanan sedekah online yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Dengan demikian saat Anda ingin mengeluarkan sedekah takjil Ramadhan, tidak perlu ribet lagi mencari tempat yang tepat. Penyaluran yang kami lakukan telah melalui tahap survey sehingga akan lebih tepat pada yang berhak. Semoga Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Hari
Jam
Menit
Detik