IMG_20230906_112809_363.jpg

Laznas BMH-Ormas Hidayatullah Resmikan Rumah Qur’an Hidayatullah IV di Trenggalek

Laznas BMH Perwakilan Jawa Timur melalui Gerai Trenggalek meluaskan gerakan dan pemberdayaan masyarakat melalui realisasi Program Rumah Qur’an.

Terbaru, Laznas BMH meresmikan Rumah Qur’an Hidayatullah IV di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, pada tanggal 2 September 2023.

“Rumah Qur’an ini memiliki tujuan khusus, yaitu untuk melayani santri dewasa dan lansia,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan Laznas BMH Jatim, Imam Muslim.

Peresmian ini menjadi bukti bahwa BMH terus memperluas gerakan dakwah untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk lansia.

Prestasi ini dirayakan dengan kehadiran KH. Zahro Wardi, atau akrab disapa Gus Zahro, yang memiliki posisi penting sebagai pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Karangan Trenggalek dan juga sebagai Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Trenggalek. 

“Beliau memainkan peran sentral dalam upacara peresmian ini,” imbuh Muslim.

Selain itu, acara ini juga turut dihadiri oleh perwakilan dari Departemen Organisasi Jawa Timur (DWP) serta sejumlah tokoh terkemuka di tingkat lokal. Dukungan dan doa mereka menjadi bagian penting dalam memperkuat upaya keagamaan dan pendidikan di Trenggalek.

Dalam percakapan dengan salah satu alumni Rumah Qur’an, Ibu Luluk, yang kini menjadi pengajar di Rumah Qur’an tersebut tampak bahwa program ini benar-benar memberi manfaat luas bagi dirinya dan masyarakat.

“Saya sangat bersyukur bisa berkontribusi dalam pendidikan agama di Rumah Qur’an ini. Ini adalah peluang besar untuk mendukung santri dewasa dan lansia dalam memahami Al-Qur’an lebih dalam,” tuturnya.

Selain Rumah Qur’an Hidayatullah IV, saat ini BMH Trenggalek juga telah berhasil mendirikan 6 Rumah Qur’an Hidayatullah lainnya yang telah memenuhi standar nasional. 

“Ini adalah bukti konkret bahwa zakat dan infak yang dikelola oleh BMH dapat membantu masyarakat secara signifikan dalam meningkatkan literasi agama dan pengetahuan Al-Qur’an,” papar Imam Muslim.

“Keberhasilan ini menggambarkan komitmen Laznas BMH dalam memberdayakan masyarakat melalui zakat dan infak. Semoga Rumah Qur’an ini menjadi cahaya bagi Trenggalek dan daerah sekitarnya,” tutup Muslim.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Home

News

Program

Layanan

Info