WhatsApp-Image-2023-09-29-at-08.44.29.jpeg

Kebersamaan Masyarakat Suku Lauje dan Dai Tangguh BMH di Gunung Sarambu

Sebuah momen kebersamaan yang menyentuh hati terjadi di Gunung Serambu, tepatnya Dusun IV Bukit Jaya, Desa Tomini Barat, Kecamatan Tomini, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (29/9).

Suasana itu hadir dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bersama masyarakat suku Lauje di daerah terpencil. Mereka bahu membahu untuk menggelar acara.

“Antusiasme masyarakat begitu besar. Mereka saling membantu demi kelancaran acara. Ada yang membawa kopi, teh, kue, dan menu wajib Maulid, yaitu pulut/nasi ketan yang diatasnya di taruh telur,” ungkap dai tangguh BMH di Tomini, Ustadz Junaidi.

Acara yang dihadiri sekitar 100 orang ini berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan makan bersama.

Kebersamaan ini membuat dai tangguh dari Pondok Pesantren Hidayatullah Tomini yang hadir merasa gembira.

Meskipun jarak yang ditempuh dari kediaman mereka sekitar 10 kilometer naik ke atas gunung dengan medan yang berliku dan tanjakan/turunan yang curam, mereka tetap semangat untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat.

“Kebersamaan ini menjadi bukti bahwa sesama muslim adalah saudara,” kata Ustadz Junaidi.

“Mari kita terus menjunjung tinggi akhlak mulia sebagai teladan mulia Nabi Muhammad SAW,” imbuhnya menegaskan.

Momen kebersamaan ini menjadi bukti bahwa agama Islam mampu mempersatukan masyarakat dari berbagai latar belakang. Di tengah perbedaan suku, ras, dan budaya, masyarakat suku Lauje dan para dai tangguh dapat saling bahu membahu untuk meraih kebaikan.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Hari
Jam
Menit
Detik