IMG_20230325_063224_838

Diskusi Zakat, Laznas BMH Hadirkan Dosen UIN Alaudin Makassar

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) melaksanakan pembinaan relawan Ramadhan dan Amil se Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Jalan Tamalanrea Blok M No 27 BTP tersebut diisi oleh Ustadz Dr. Nasrullah Sapa, dai BMH dan juga dosen UIN Alaudin Makassar (24/3).

Dalam paparan fiqih zakat beliau menyampaikan pentingnya jawaban dari problematika pelaksanaan zakat di masyarakat.

Zakat memiliki kekhususan seperti batasan minimal, maupun siapa yang berhak menarima.

“Amil memiliki kewajiban untuk memberikan literasi kepada muslim yang telah wajib zakat,” ujar¬† Nasrullah Sapa, yang juga anggota MUI Sulsel itu menegaskan.

Beliau mencontohkan, zakat fitrah yang disalurkan diawal Ramadhan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang miskin, untuk kemudian mereka mampu memenuhi makanannya dan membayarkan zakat fitrah dirinya.

Kegiatan jelang berbuka puasa  yang dilakukan secara hybrid itu, online dan offline itu lebih banyak terjadi diskusi.

“Acara berlangsung seru dan semangat, peserta online dari Luwu Timur hingga Parepare, semua aktif bertanya,” terang Kepala BMH Perwakilan Sulsesl, Kadir.

Para Amil munjung memberikan pertanyaan terkait dengan fiqh kontemporer zakat, seperti zakat perusahaan, zakat profesi, hadiah dan tema lainnya.

Kadiv. Oprasional Laznas BMH Sulsel, Aditya menyampaikan bahwa kegiatan diskusi itu untuk menyegarkan ingatan terkait fikih zakat, sekaligus mencari jawaban atas pertanyaan dari para muzakki ketika amil bertugas dan berinteraksi dengan mereka.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Home

News

Program

Layanan

Info