IMG_20240508_052417_133.jpg

BMH Gelar Sarasehan dan Silaturrahim Dai Tangguh untuk Perkuat Dakwah di Sumatera Utara

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar Sarasehan dan Silaturrahim Dai Tangguh se-Sumatera Utara di Deli Serdang pada hari Jumat (3/5/24). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat dakwah di berbagai daerah pedalaman di Sumatera Utara.

Sebanyak 27 Dai Tangguh Hidayatullah dari berbagai daerah tugas di Sumatera Utara hadir dalam acara ini. Mereka melaporkan beragam kegiatan dakwah yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan, termasuk kondisi masyarakat binaan mereka.

“Warga desa sangat haus pembinaan. Mereka tidak melaksanakan sholat taraweh bila tidak ada ustaz yang datang, begitu pun ibadah lainnya. Bahkan lebih ironisnya lagi, ada belasan warga muallaf yang masih mengkonsumsi makanan yang telah diharamkan dalam Islam. Begitulah kondisinya, mereka membutuhkan Dai yang rutin membimbing,” ujar Syamsul Hadis, Dai yang bertugas di Desa Lau Gambir dan Telun Kenas Kabupaten Deli Serdang.

Kepala BMH Sumut, Lukman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi para dai untuk berbagi informasi tentang kegiatan dakwah selama bulan Ramadhan dan menjadi inspirasi bagi sesama dai.

“Peran yang kalian berikan kepada Islam dengan menjadi Dai adalah hal yang sangat luar biasa. Begitulah semestinya insan beriman, memiliki kontribusi yang konkret kepada agama ini. Kami sangat berbahagia menyaksikan kiprah para Dai yang masih muda telah menjadi bagian dari solusi problematika keummatan. Bila bukan kita siapa lagi yang akan memperjuangkan dakwah Islam ini,” tegas Ustaz Ali Hermawan, salah satu dai senior Hidayatullah, dalam taushiyahnya.

Abdul Hamid Aceh, salah satu Dai Tangguh yang bertugas di Desa Lingga Raja Kabupaten Dairi, merasa antusias dan bahagia mengikuti kegiatan ini.

“Dari kegiatan ini, kami mendapatkan banyak hal, tentu menjadikan kami lebih bersemangat lagi dalam berdakwah. Kami bahagia. Terima kasih atas pengetahuan dan motivasi yang diberikan,” tuturnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para Dai untuk saling menguatkan dan meningkatkan kualitas dakwah mereka. BMH Sumut berkomitmen untuk terus mendukung para Dai dalam menyebarkan Islam di berbagai pelosok Sumatera Utara.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Hari
Jam
Menit
Detik