IMG_20240204_051230_450.jpg

BMH Kaltim Gapai Keberhasilan dalam Audit Mutu Internal ISO 9001:2015

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional sinambung  berkomitmen dalam pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) menerapkan nilai-nilai profesional,regulasi yang berlaku dan tentu saja praktik yang berlandaskan syariah. 

Hal ini dibuktikan salah satunya dengan melaksanakan audit mutu internal ISO 9001:2015. 

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya terus-menerus BMH untuk menjaga profesionalisme dan kualitas kerja sesuai dengan peraturan, regulasi, dan standarisasi manajemen modern yang berlaku,” terang Kepala BMH Perwakilan Kaltim, M. Rofiq.

Pada tanggal 25 Januari lalu, audit mutu internal dilakukan di kantor Perwakilan BMH Kaltim di Balikpapan. Auditor internal dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) BMH Pusat, Jakarta, memimpin audit tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh kepala perwakilan dan seluruh jajaran manajemen BMH Perwakilan Kaltim.

Kepala Perwakilan BMH Kaltim, M. Rofiq, menjelaskan bahwa audit mutu internal dilakukan secara berkala sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja dan performa lembaga. “Kami melakukan audit mutu internal setiap semester, atau dua kali setahun, sementara audit mutu eksternal dilakukan setiap tahun. Agenda ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan performa lembaga secara berkelanjutan,” ujar M. Rofiq (25/1/24).

Tujuan utama dari Audit Mutu Internal adalah untuk menelusuri implementasi prosedur mutu yang telah ditetapkan. 

“Selain itu, audit ini bertujuan memastikan bahwa sistem manajemen yang diterapkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” sambungnya.

Hasil audit ini tidak hanya membantu manajemen dalam pengambilan keputusan yang tepat, tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas lembaga. 

“Jauh lebih penting, audit membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan, serta mengidentifikasi risiko dan memberikan saran tindakan mitigasi,” tegasnya.

Keberhasilan BMH Kaltim melaksanakan audit mutu internal ini adalah komitmen dalam menjalankan amanah masyarakat dengan standar yang semestinya, memberikan kepercayaan kepada para donatur dan penerima manfaat. 

“Dengan terus menjaga kualitas kinerja, BMH semakin menjadi pilihan yang terpercaya dalam pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah,” tutup Rofiq.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.