Tapal

BMH Kaltim Dirikan Program Sekolah Tapal Batas untuk Anak-anak Muallaf di Pedalaman Mahakam Ulu

Terpanggil oleh keprihatinan atas kondisi anak-anak muallaf di pedalaman Mahakam Ulu, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kaltim meluncurkan program Sekolah Tapal Batas.

Program ini sudah berjalan lebih dari tiga tahun dan berfokus pada anak-anak di wilayah yang memiliki akses terbatas, baik terhadap pendidikan maupun layanan dasar.

“Kami terpanggil untuk memberikan dukungan, tidak hanya dalam bentuk materi, tetapi juga bimbingan agama dan pendidikan. Kami percaya setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan pengetahuan agama yang benar,” ujar Achmad Rifai, Kepala Prodaya BMH Kaltim (14/10/24).

Saat ini, program tersebut telah menjangkau 58 anak, dengan harapan mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang kuat, mandiri, dan mampu berkontribusi untuk komunitasnya. Selain memberikan materi pendidikan, program ini juga menyasar aspek spiritual dan karakter, agar anak-anak ini memiliki landasan yang kokoh.

Di PAUD Ya Bunayya, anak-anak diajarkan dasar-dasar Islam, seperti cara sholat, wudhu, membaca Al-Qur’an, dan sejarah Islam melalui metode yang menarik.

Selain itu, program Sekolah Tapal Batas juga menyediakan buku, alat tulis, dan keperluan sekolah, serta kegiatan outbound dan pelatihan keterampilan dasar untuk mengembangkan karakter mereka.

“BMH ingin hadir sebagai saudara yang memberikan bantuan, dorongan, dan semangat, sehingga anak-anak ini dapat menjalani kehidupan mereka dengan lebih baik. Harapan kami, ‘Tapal Batas’ bisa menjadi awal dari perubahan positif yang berkelanjutan,” tambah Rifai.

Ustadz Taufiq, Dai Tangguh BMH di Mahakam Ulu, juga menyampaikan kebanggaannya terhadap semangat belajar anak-anak di sana, meski dengan segala keterbatasan.

“Selain memberikan pendidikan agama, kami juga berusaha menjadi saudara dan teman bagi mereka, memberikan dukungan moral dan semangat untuk terus maju. Semoga program ini dapat terus berjalan dan menjadi jembatan harapan bagi mereka di pedalaman,” ujarnya.

Program Sekolah Tapal Batas ini diharapkan dapat terus berkembang, membuka akses pendidikan yang lebih luas dan membawa manfaat nyata bagi anak-anak muallaf di pedalaman Mahakam Ulu.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.