Pesma2

Zakat Membangun Peradaban: BMH-Pesmadai Hidayatullah Makassar Cetak Kader Dakwah Intelektual

Zakat bukan hanya sekadar bantuan konsumtif, tetapi juga investasi untuk masa depan peradaban.

Hal ini dibuktikan dengan pembangunan asrama Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) Hidayatullah Makassar, yang diinisiasi berkat dukungan zakat dari para dermawan melalui Laznas BMH yang berkolaborasi dengan Pemuda Hidayatullah dalam program ini.

Pesmadai ini diharapkan menjadi kawah candradimuka bagi mahasiswa muslim untuk menjadi kader dakwah yang intelektual dan berwawasan luas.

“Keberadaan Hidayatullah tidak terlepas dari peran pemuda, maka adanya lokasi untuk proses pengkaderan menjadi mutlak,” ungkap Ustadz Abdul Aziz Kahhar Muzakkar, Anggota DPD RI periode 2014-2019, saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan asrama.

Ia menekankan pentingnya regenerasi dalam gerakan dakwah, di mana mahasiswa memiliki peran strategis sebagai agen perubahan.

Asrama tiga lantai yang berlokasi di Jalan Damai Lrg. II, Tamalanrea Indah ini akan menampung mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri. Mereka akan dibekali dengan ilmu agama yang mendalam, keterampilan dakwah, serta pengembangan diri agar mampu menjawab tantangan zaman.

“Selama tiga tahun terakhir, Laznas BMH telah mendukung program Pesmadai dengan memberikan bantuan dana operasional bagi 16 santri mahasiswa,” ujar Kadir, Ketua Laznas BMH Sulsel. Ia mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan asrama ini, karena setiap donasi yang diberikan akan menjadi amal jariyah yang pahala terus mengalir.

Pembangunan Pesmadai Hidayatullah Makassar ini menjadi bukti nyata bahwa zakat mampu memberdayakan generasi muda dan memajukan dakwah Islam.

“Dengan mencetak kader-kader dakwah yang cerdas dan berakhlak mulia, diharapkan Islam dapat berkembang dan memberikan rahmat bagi seluruh alam. Menuju Indonesia Emas 2045,” tutup Kadir.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.