IMG_20240908_135227_673

Di Tengah Keramaian Pasar, BMH Demak Bangkitkan Semangat Berbagi

Pasar Dadakan Krempyeng Demak hari ini tak hanya riuh dengan transaksi jual beli, tetapi juga diwarnai dengan semarak ajakan berzakat yang unik dan inspiratif. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Gerai Demak, dengan penuh semangat, menggelar sosialisasi gerakan sadar zakat di tengah hiruk-pikuk pasar.

Bukan di gedung mewah atau ruang seminar, BMH memilih lokasi yang tak biasa untuk menyampaikan pesan pentingnya berzakat. Di antara tumpukan barang dagangan dan lalu lalang pembeli, mereka membuka konsultasi zakat, memberikan brosur, dan mengingatkan para pedagang serta pengunjung akan kewajiban dan manfaat berbagi melalui zakat.

“Alhamdulillah responnya bagus. Banyak orang yang bertanya,” ujar Susmanto, Koordinator BMH Gerai Demak, dengan wajah berseri (8/9/24).

Ia melihat antusiasme masyarakat sebagai tanda bahwa kesadaran berzakat masih tertanam kuat, hanya perlu diingatkan dan difasilitasi.

BMH tak berhenti di situ. Mereka berencana menggelar layanan kesehatan keliling, menunjukkan bahwa zakat tak hanya berdampak pada kesejahteraan spiritual, tetapi juga pada kesehatan fisik masyarakat. Zulfikar, seorang pengunjung pasar, menyambut baik inisiatif BMH ini. “Kadang-kadang karena saking sibuk bekerja, kami jadi lupa. Alhamdulillah, BMH datang mengingatkan,” ucapnya penuh syukur.

Gerakan sadar zakat yang digelar BMH di Pasar Dadakan Krempyeng Demak ini memberikan inspirasi bagi kita semua. Bahwa berbagi tak harus menunggu kaya, tak harus di tempat khusus, dan tak harus dengan cara yang rumit. Di tengah kesibukan sehari-hari, di tempat yang tak terduga, semangat berbagi bisa tetap menyala. BMH telah membuktikannya, dan semoga kita semua bisa terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.