gambar-whatsapp-2023-06-14-pukul-140951_1686728729

Mengokohkan Tali Kasih Melalui kurban

Mari kita jadikan setiap kesempatan untuk berkurban sebagai langkah konkret dalam menunjukkan cinta kita kepada Allah Swt  

Oleh: Supendi (Dirut BMH)

Ramadhan, bulan yang penuh berkah telah berlalu, namun semangat untuk berbuat baik haruslah terus menyala dalam hati kita. 

Dalam Islam, ada banyak cara untuk mengaktualisasikan iman dan menjalankan amal, salah satunya melalui praktik kurban. 

Kegiatan ini tidak hanya merupakan ekspresi ketakwaan, tapi juga sebuah jembatan yang menghubungkan kita dengan sesama, meneguhkan nilai cinta dan kasih sayang.

Persiapan untuk kurban idealnya dimulai jauh hari sebelum waktu pelaksanaannya tiba. Semakin awal kita mempersiapkannya, semakin kuat pula komitmen kita dalam menjalani kehidupan ini dengan penuh makna dan tujuan. 

Hal ini menunjukkan bahwa kurban lebih dari sekedar tradisi; ini adalah bagian dari perjalanan spiritual kita, yang menguatkan hati dan memperdalam iman.

Dari sisi sosial, manfaat kurban sangatlah nyata. Di titik-titik terpencil seperti pedalaman, pelosok desa, daerah pesisir, dan tapal batas negara, apa yang kita sumbangkan melalui kurban menjadi sumber kebahagiaan yang tidak terkira bagi mereka yang membutuhkan. 

Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) berperan aktif dalam menyalurkan kurban ke daerah-daerah yang sulit dijangkau, memastikan bahwa kebaikan kita sampai kepada mereka yang paling membutuhkan.

Lebih dari itu, ber-kurban melalui BMH tidak hanya berdampak sosial, tapi juga memberikan dorongan signifikan bagi ekonomi lokal. 

Dengan memilih untuk membeli hewan kurban dari peternak kecil, kita memberikan kontribusi nyata terhadap penguatan ekonomi riil. Ini adalah bentuk dukungan yang membantu mereka untuk terus bertahan dan menafkahi keluarga di tengah tantangan ekonomi.

Praktik kurban, oleh karena itu, adalah manifestasi dari kepedulian sosial yang mendalam. Ini adalah momen dimana kita, sebagai umat beriman, dapat mengokohkan tali kasih tidak hanya kepada Allah SWT tapi juga kepada sesama manusia dan masyarakat di sekitar kita. 

Melalui kurban, kita memiliki kesempatan untuk berbagi kebahagiaan, mendukung keberlanjutan hidup banyak orang, dan sekaligus memperkuat ekonomi umat. 

Mari kita jadikan setiap kesempatan untuk berkurban sebagai langkah konkret dalam menunjukkan cinta kita kepada Allah Swt dan kasih sayang kita kepada sesama manusia.*/Herim

Berita Terkait

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.