Banjir Bandang Terjang Lombok Timur Ciptakan Trauma

Musibah banjir masih kerap menyapa sebagian wilayah di negeri ini. Seperti yang belum lama ini terjadi di Desa Sambalia Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (11/2).

Banjir tersebut telah menghanyutkan 13 rumah dan memutus beberapa jembatan. Lebih mengerikan lagi, banjir bandang susulan terjadi saat dini hari yang disertai hujan lebat. 

"Saat ini kondisi masyarakat sudah mulai kembali ke rumah masing-masing, namun sebagian besar masih sangat trauma, terutama ketika memasuki waktu dini hari, sekitar jam 2 dan jam 3," ungkap Abdul Kholiq Kepala BMH Perwakilan Nusa Tenggara Barat.

"Kami masih takut, pak. Sampai-sampai anak kami ngingau terus saking traumanya," ujar Pak Khar salah seorang warga.

BMH sendiri langsung ke lokasi guna menyerahkan Bantuan Sembako dan Pakaian Layak kepada para korban. 

Sementara ini, dari 3 Lokasi yang BMH datangi rata-rata mereka belum mendapatkan bantuan.

"Sebenarnya ada dapat kabar, bahwa sdudah ada  terima bantuan dari berbagai perusahaan dan pemerintah masih numpuk di kantor camat. Ketika masyarakat datang ke posko atau kantor camat minta bantuan mereke dimintain Foto copy KTP dan KK. Kebayangkan yang rumahnya hanyut," papar seorang warga.

Selain bantuan di atas, BMH juga menggelar pengobatan dan trauma healing dan bantuan sembako mengingat masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan bantuan yang sangat mereka butuhkan.*/Romli